UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI KERJA

Pembinaan personel yang dilakukan oleh  Set Badiklat merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan bagian satuan untuk memberikan motivasi bagi semua personel khususnya untuk personel golongan III/Pama keatas yang diharapkan makan memberikan dampak yang positif bagi semua anggota. Pembinaan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja/  meningkatkan kualitas kerja serta tanggung jawab bagi setiap personel sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pada pengarahan yang diberikan ada satu kalimat yang dilontarkan oleh Kabagum yang mengatakan “ yang membuat kita baik adalah diri kita sendiri “ kalimat tersebut mengingatkan saya pada sebuah buku yang berjudul BECAMING A STAR  yang merupakan kumpulan tulisan Mario Teguh salah satu judul tulisan tersebut adalah Becaming Your Possibilities (menjadi kemungkinan anda) beliau mengatakan bahwa : “ Kita menghargai diri kita sendiri karena kejelasan dari kemungkinan yang bisa kita capai “ dan apa yang kita kerjakan untuk mencapai kemungkinan tersebut menjadi jelas/nyata dan beberapa kalimat yang  dikatakan dalam buku tersebut yang perlu ketahui adalah :

Ø  Anda bisa mencapai lebih dengan cara menjadi lebih

Ø  Kita menjadi apa yang kita lakukan maka lakukanlah sesuatu yang penting

Ø  Jangan menunda

Ø  Jangan batasi kebaikan yang bisa anda lakukan karena itu akan membatasi kebesaran yang bisa anda capai.

Dari tulisan tersebut dapat kita jadikan sebagai motivasi dalam bekerja, jangan pernah mengatakan bahwa seseorang tidak bisa lebih baik lagi, pilihlah dengan cermat apa yang akan kita lakukan dan lakukanlah sesuatu yang bernilai karena dengan itu kita akan menjadi seorang yang bernilai, jangan menunda kesempatan baik yang datang, lebih baik kita gagal karena telah mengupayakan sesuatu daripada berhasil tidak melakukan apapun,  jangan pernah berkecil hati dengan terbatasnya atau kurangnya kapasitas diri kita untuk mencapai kemungkinan-kemungkinan  yang kita harapkan, karena semua yang besar dibangun dari hal-hal yang kecil dan akan  menjadi komponen pembentuknya, jadi yang pertama  harus kita ketahui adalah bagaimana kita menemukan hal kecil tersebut  untuk dapat membuka pintu hal-hal kecil berikutnya. Dalam dunia kerja bagaimana kita dapat mengerjakan hal kecil yang dapat kita kerjakan  dengan baik dan menyelesaikan hal kecil berikutnya untuk menemukan sesuatu yang besar dan berarti.

Sedangkan hal yang perlu diingat dari pengarahan kabag matdiklat adalah keberhasilan Badiklat merupakan hasil kerja dari suatu  system yang saling terkait   adanya keterkaitan antara bagian satu dengan bagian lainnya merupakan upaya untuk membangun keberhasilan, untuk itu diperlukan suatu kerja sama TIM yang solid antara bagian dan melakukan koordinasi dengan baik antar bagian, hal lain untuk membangun keberhasilan adalah meningkatkan kemampuan diri , merubah main set kita dalam bekerja dengan  kemampuan untuk menggunakan teknologi yang ada.  dan pengarahan tambahan dari Kolonel Sudono agar setiap anggota dapat memaham serta menyadari tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai pegawai , jangan kita terbawa oleh kondisi akan tetapi kita dapat menyikapi dan mengendalikan  kondisi yang kita hadapi agar apa yang kita harapkan atau inginkan  sesuai  dengan apa yang kita kerjakan.

Dengan adanya pembinaan melalui pengarahan dengan suasana nyaman dapat menumbuhkan hubungan yang lebih akrab dan harmonis sehingga bagi kami yang hadir dapat menjadi motivasi untuk dapat bekerja lebih baik  dan dapat menjalin kerja tim yang lebih baik pula. 

Iklan

5 Responses to UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI KERJA

  1. Endang Haryanti berkata:

    Semoga tulisan ini dapat menambah motivasi bagi kita, biasanya motivasi tumbuh jika ada apa ya bu…

  2. cenya95 berkata:

    Salam kenal,
    Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang, mulai dari lingkungan tempat bekerja sampai rumah. Peningkatan kinerja perorangan memang ditentukan oleh diri sendiri (tergantung motivasi kerjanya). Peningkatan kinerja organisasi dipengaruhi oleh saling ketergantungan antar bagian (membutuhkan motivasi yang sama sebagai anggot TIM).
    Yang paling penting adalah bagaimana kita menyikapi instruksi yang diberikan para kabag dan mengimplementasikannya.
    Selamat bekerja dan semoga sukses… Merdeka !!!

  3. antonbiantoro berkata:

    Halo Utri, kamu suka membaca, suka mendengar dan suka menulis. Kamu membaca yang baik-baik, mendengar yang baik-baik dan menulis yang baik-baik. Kalau tulisanmu banyak dibaca orang, berarti kamu berdakwah menyebar kebaikan. Maka teruskan kebiasaan-kebiasaan baik ini! Salam!

  4. Hendro Wijayadi berkata:

    Hallo…Utri, kunjungan pertama, semoga tulisannya bermanfaat bagi kita semua..mari promosikan blognya..salam

  5. Fukumitsu berkata:

    artikel yang sangat menarik, bikin aku termotivasi. Thanks ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: