RENUNGAN

Merenung dalam bahasa indonesia mempunyai arti diam memikirkan sesuatu dalam-dalam dan buah pikir dari merenung adalah renungan . Pada halaman ini akan memuat ayat- ayat Tuhan yang ada dalam Alquran dan ayat-ayat yang tersebar di alam raya serta  kata-kata hikmah dan yang mempunyai arti dan makna yang dalam jika kita dapat memahaminya dengan baik dan benar sebagai mahluk ciptaanNya

Alquran surat Aljum’ah ayat 10 memerintahkan kita untuk mencari karunia Allah dengan bekerja sambil berdoa (tawakal)

MUTIARA ILLAHI  ( kutipan “ Kisah Seorang Pendoa” )

Ketika kumohon pada Allah kekuatan

Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuatdoa1

        Ketika kumohon pada Allah kebijaksanaan

Allah memberiku masalah untuk kupecahkan

        Ketika kuminta pada Allah kesejahteraan

Allah memberiku akal untuk berfikir

       Ketika ku mohon pada Allah keberanian

Allah memberiku kondisi bahaya untuk kuatasi

       Ketika  ku mohon pada Allah cinta

Allah memberi ku orang-orang bermasalah untuk ku tolong

       Ketika ku mohon pada Allah bantuan

Allah memberiku kesempatan

       Aku tak pernah menerima apa yang kupinta

       Tapi aku menerima segala yang aku butuhkan

       Do’a ku terjawab sudah……………

Terima kasih Ya Allah, engkau sebaik-baik pengabul harapan.

 

” Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu dibumi carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung” (QS 62:10)

ayat diatas menurut tafsir Wahbin : Apabila telah dilaksankan sholat , bertebaranlah kalian dimuka bumi dan carilah rizki dari karunia Allah dengan bekerja dan ingatlah Allah banyak-banyak dengan hati dan mulut kalian dimanasaja kalian berada, yaitu dengan mengucapkan tahmid, tasbih, takbir dan istiqfar dan semacamnya, supaya kalian beruntung dengan mendapatkan kebaikan dunia akhirat.

Proses belajar bagi setiap manusia dimulai dari buaian(bayi) hingga liang lahat adalah ungkapan yang sering kita dengar, kerena melalui pembelajaran kita dapat mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui belar dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain; dengan membaca, mendengar, melihat dan berdasarkan pengalaman yang telah dialaminya. Belajar merupakan kewajiban bagi setiap muslim agar dapat memahami ayat-ayat yang tersebar pada alam raya serta memahami ayat-ayat Alquran  yang menjadi petunjuk hidup seperti dalam Hadis Riwayat Tarmidzi  ” Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia termasuk sabilillah, sampai ia kembali” dari hadis tersebut menyatakan bahwa bagi setiap orang yang yang berusaha untuk mencari ilmu/belajar akan diperoleh balasan seperti orang yang melakukan fisabilillah (balasan untuk masuk syurga)

KEUTAMAAN HARI JUMAT menurut Hadis Muslim dari Abu Hurairah ra, ia berkata Rasulullah saw, bersabda ;

” Sebaik-baiknya hari dimana terbit matahari adalah hari jumat. Pada hari itulah, Nabi Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukan surga dan pada hari itupula ia dikeluarkan dari surga”

Dalam satu tahun ada 12 bulan dan yang mempunyai keutamaan adalah bulan Romadhon, sedangkan dalam setiap minggu ada hari dan yang mempunyai keutamaan adalah hari Jumat, dimana setiap muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan sholat jumat di masjid keutamaan dari sholat jumat itu sendiri menurut Imam Nawawi terjemahan Riyadhus Sholihin adalah : Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rosullullah SAW, bersabda :                                 

 “Barang siapa berwudhu dengan sempurna, kemudian mendatangi sholat jumat, lalu dia mendengarkan (khubah) dan diam, maka diampunilah dosa yang ia lakukan antara hari itu sampai jumat yang lalu ditambah tiga hari. Dan barang siapa yang menyentuh krikil (main-main pada waktu khatib berkhutbah, tidak mau mendengarkan) maka benar-benar tidak ada gunanya ” (HR.MUSLIM)

  Senyuman adalah perbuatan yang mudah dilakukan dan mempunyai nilai ibadah, karena itu merupakan :

” Paket kebahagian yang paling cepat sampai ke jiwa orang lain adalah senyum yang tulus yang keluar dari lubuk hati”

Iklan

One Response to RENUNGAN

  1. subpokbarab berkata:

    assalammu’alaikum.. sub pok arab mampir berkunjung.. ^_^.silahkan untuk berkunjung juga ke weblog kam di http://subpokbarab.wordpress.com/ . trima kasih. wslm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: